Senin, 16 Juli 2012

lambang-lambang dan komponen hp

LAMBANG-LAMBANG DAN KOMPONEN HANDPHONE
Tips Pengetahuan dasar bagi seorang Teknisi HP adalah harus memahami komponen-komponen standart yang di gunakan pada PCB handphone. Berikut ini akan kami uraikan komponen-komponen yang dimaksudkan di atas. A. KAPASITOR/KONDENSATOR (C) Kapasitor ( C ) berfungsi: - Sebagai filter tegangan yang dikeluarkan oleh baterai. - Sebagai penghubung frekwensi antara bagian/ komponen. Satuan dari kapasitor adalah Farad. Kapasitor dibagi menjadi dua bagian : 1. Kapasitor yang bernilai besar (Elco/Electrolit) Ciri-cirinya: Memiliki kapasitas nilai di atas 1 uF Mempunyai kutub negatif dan positif Pemasangan tidak bolak balik. 2. Kapasitor yang bernilai kecil (Non Polar) Ciri-cirinya: Memiliki kapasitas nilai di bawah 1 uF Tidak mempunyai kutub negatif dan positif Pemasangan bolak balik. Gambaran Nilai: Km=mikro=u 1 Km = 1.000 m = 1 uF = 1.000 nF M=Nano=n 1 m = 1.000 mm = 1 nF = 1.000 pF Mm=piko=p Simbol/Lambang:
B. RESISTOR/TAHANAN ( R ) RESISTOR BERFUNGSI: sebagai menahan dan mengatur arus listrik. Satuan dari resistor yaitu: OHM. C. DIODA (V) Dioda berfungsi sebagai penyearah,yana mana merubah arus listrik yang kasar menjadi halus dan sebagai penstabil tegangan. DIODA dibagi menjadi 2 bagian: 1. Dioda germanium. 2. Dioda lampu/Light Emiting Dioda (LED). Satuan dari dioda yaitu; AMPERE. "SIMBOL"
D. TRANSISTOR (V) Transistor berfungsi sebagai pembangkit sinyal atau penguat frekwensi dalam bentuk getaran atau denyut frekwensi. TRANSISTOR dibagi menjadi dua bagian; 1. Transistor NPM 2. Transistor PNP "SIMBOL"
Transistor NPM Transistor for PMP Keterangan: B = Basis C = Colektor E = Emitor E. LILITAN/KUMPARAN/TRANSFORMATOR (L) Lilitan berfungsi sebagai penghubung arus satu ke arus yang lain/jumper. SIMBOL
F. SEKRING/FIUS (F) Sekring berfungsi sebagai pengaman suatu rangkaian bila terjadi suatu konsleting/ngesot ataupun terjadinya gelombang arus listrik yang besar, maka sekring secara otomatis akan putus. Satuan Sekring; AMPERE SIMBOL
G. MIC Mic berfungsi untuk menerima denyut suara yang dikeluarkan oleh sinyal suara dan diubah menjadi getaran signal audio kemudian dimasukkan ke DSP.
H. SPEAKER Speaker berfungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi denyut suara yang bisa didengar sebagai suara Simbol I. CRISTAL (X-TAL) Crystal berfungsi sebagai pembangkit getaran frekuensi yang dihasilkan oleh IC Audio dan ditransmit ke IC Haggar dalam bentuk gelombang RX. J. VIBRATOR Vibrator sebagai alat output penggetar ,merupakan motor listrik kecil yang jika berputar akan menimbulkan getaran. K. ANTENA Antenna berfungsi untuk menerima dan menyalurkan gelombang frekuensi.
L. IC IC merupakan penggabungan dari beberapa kumpulan komponen-komponen yang di padukan menjadi satu sehingga terjadilah rangkaian IC yang lebih praktis dan ekonomis. Di dalam rangkaian Hp ada banyak sekali macam-macam IC, misalnya: IC Power/Ccont, IC RF/Haggar, IC Audio/Cobba, IC Flash, IC RAM, IC CPU, IC Charger, IC UI, IC PA dan IC UEM (merupakan penggabungan IC Power, IC Audio dan IC Charger) ditambah dengan IC Conektor/penghubung. M. SAKLAR/SWICH ON/OFF Berfungsi secara manual sebagai penyambung dan pemutus suatu muatan arus listrik. Simbol N. BUZZER/DERING Berfungsi sebagai pengubah signal audio menjadi signal suara yang bisa didengar sebagai nada/dering. Simbol B B
C E C E Lilitan/Jumper Fius/Sekring Speaker/Ear Peace Saklar Sentuh Saklar Tekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar